Selasa, 22 Februari 2011

transmisi otomatis

Mengemudi dengan Transmisi Otomatis


     Era mengemudi kendaraan automatic di Indonesia khususnya di kota-kota besar mulai menjadi trend mulai awal 90’an sedangkan di kota-kota kecil banyak orang menganggap memiliki kendaraan automatic bukanlah menjadi pilihan utama dengan berbagai alasan, al: Kalau mogok gak bisa didorong, kalau rusak biaya nya tinggi dll.
Tujuan dibuatnya transmisi automatic adalah untuk kenyamanan khususnya pada medan-medan city driving yg umumnya stop n go yang kadangkala cukup melelahkan bagi pengemudi, dengan adanya transmisi ini sipengemudi tidak perlu repot-repot harus nginjak kopling dan memindah gigi setiap kali putaran mesin turun atau naik. Kendaraan ber-transmisi automatic dipopuler kan pada tahun 1940 oleh Oldmobile (Amerika) , pada dekade 50’an para produsen mobil di Amerika nyaris semua nya mengeluarkan produk ber-transmisi automatic.
Photobucket
Mobil-mobil bertransmisi automatic memiliki beberapa initial pada stick gearnya: P - R – N – D ada lagi dengan inisial : P – R – N – D4 –D3- +- dan M- (pada transmisi Triptonic) :
  • P- atau “Parkir” pada posisi ini secara mekanikal akan mengunci gigi, membuat posisi gigi tidak dapat dipindahkan. Posisi ini digunakan pada saat ketika kendaraan akan berhenti untuk parkir atau dimatikan. Disarankan untuk keamanan dan menjaga umur komponen transmisi agar menggunakan Parking Brake saat posisi P dipilih dan baru bisa digunakan saat kendaraan dalam keadaan completed stop. Ketika stick gear akan dipindahkan pada beberapa kendaraan yang menggunakan pin pengunci, si pengemudi harus menekan kebawah terlebih dahulu stick nya baru stick gear bisa dipindahkan, bahkan ada juga kendaraan yang menuntut si pengemudi menginjak pedal rem dulu baru stick gear tersebut bisa pindah,
  • R – atau “Reverse/Mundur” ini sama halnya dengan gigi mundur. Untuk menggunakannya, pastikan kendaraan dalam keadaan completed stop jangan sampai roda-roda masih bergerak, jika ini diabaikan maka potensi kerusakan adalah konsekwensinya. Untuk keamanan memindahkan ke gigi ini si pengemudi harus melepaskan penguncinya, dengan cara menggerakan kesamping atau menekan stick kebawah,
  • N – atau “Neutral/Freewheel” pada posisi ini hubungan tenaga dari mesin tidak terteruskan ke transmisi sehingga walaupun putaran mesin dinaikan kendaraan tetap tidak akan bergerak. Untuk memperpanjang umur komponen transmisi posisi ini digunakan ketika pengemudi sedang tidak bergerak atau ‘idle’ di traffic light, untuk keamanan saat stick diposisikan pada N hand brake harus digunakan,
  • D – atau “Drive/Maju” membuat kendaraan bergerak maju sampai gigi 3 atau 4 atau gigi 5-6 (pada mobil VW/Audi Direct Shift Gear box) atau sampai gigi 7 (pada mobil Mercedes 7G gearbox) bahkan dimobil Lexus terbaru sampai dengan gigi 8,
  • D2 dan D1 – mempunyai fungsi bahwa transmisi jika dipilih oleh si pengemudi maka perpindahan gigi secara otomatis hanya sampai pada gigi 2 atau 1 saja. Pemilihan gigi ini biasnya digunakan bergantung kebutuhan seperti jalan yg dilintasi buruk/licin sehingga memerlukan pergerakan perlahan (crawling seakan merangkak kepiting) atau ketika kendaraan harus bergerak dari “0“ speed dipermukaan lintasan menanjak yg curam dengan beban berat (full loaded),
  • E & S “Eco Driving dan Sport“ kadang kala pada kendaraan bertransmisi automatic ada sebuah tombol bertanda tersebut. Sesuai namanya pada kondisi normal sistim transmisi ini akan berada pada posisi E perpindahan kickdown akan terjadi pada putaran ekonomis (terasa pendek-pendek) sedangkan S, jika si pengemudi ingin memperpanjang kickdownnya pada putaran mesin maksimal sehingga perpindahan gigi terjadi pada saat rpm cenderung tinggi dari kondisi normalnya.
Photobucket
Pada mobil-mobil bertransmisi model Triptonic ada initial + - atau M, model transmisi automatic ini membuat pengemudi bisa memindah-mindahkan tuas gear nya sesuai kebutuhan seperti pada transmisi manual. Ada sebagian orang canggung dengan penggunaan transmisi automatic khususnya saat situasi emergency, biasanya pada saat ini untuk memperpendek jarak stopping distance mereka memerlukan down shift untuk mendapat engine brake maksimal pada mobil manual. Sebenarnya hal ini dapat – dapat saja dilakukan pada mobil bertransmisi automatic, caranya :
  • Rem dalam – dalam dan tahan (jika ABS),
  • Pastikan Putaran mesin sudah turun selanjutnya,
  • Pindahkan stick ke D2 dan lepas pedal rem supaya mendapat efek engine brake, jika putaran mesin terlalu tinggi (over rev),
  • Injak pedal rem dalam –  dalam dan tahan.
Dengan cara diatas sipengemudi akan mudah mendapatkan engine brake yang diperlukan sebagaimana pada mobil bertransmisi manual. Agar menjadi perhatian ketika situasi ini terjadi pada saat sipengemudi memindahkan gigi ke D2 dan terindetifikasi bahwa drive wheel terkunci (roda terkunci/blocked atau terdengar derit ban), segera pindahkan gigi ke posisi D (ke gigi normal).
Ada kebiasaan yang harus dilakukan pengendara mobil matic yaitu selalu menempatkan kaki kiri secara bebas (FREE) sementara kaki kanan bermain di antara pedal gas dan rem. Mengemudikan mobil matic untuk mengontrol pedal rem dan pedal accelerator cukup menggunakan kaki kanan saja, sehingga saat ingin mengerem secara otomatis sudah terjadi ’engine brake’ ketika kaki berpidah ke pedal rem. Kesalahan yang kadang terjadi adalah saat pengemudi menggunakan kaki kiri untuk mengontrol pedal rem sehingga sering terjadi pengereman yang tidak efektif.
Photobucket

Transmisi Manual

MENCARI GANGGUAN PADA TRANSMISI

Catatan
Transmisi manual yang ditinjau dalam servis ini adalah transmisi
manual yang dipakai pada Toyota Kyang dan Corolla.


  • MELEPAS TRANSMISI DARI KENDARAAN
1. Lepaskan kabel batere dari terminal negatif.
2, Lepas empat sekrup dan karet pada tuas pemindah.
3. Angkat kendaraan dan kuras oli transmisi.
Perhatikan: Pastikan bahwa kendaraan ditopang dengan baik.
4. Lepas tuas pemindah.
a. Lepaskan kabel dan karet.
b. Lepas dua baut dan lepaskan tuas pemindah gigi.
5. Lepas pores propeler
6. Lepas pipa knalpot.
7. Lepas kabel speedometer dan kilometer switch lampu mundur.
8. Lepas kabel kopling.
9. Lepaskan baut penahan transmisi.
l0. Turunkan transmisi.


Catatan: Sebelum menurunkan transmisi, taruh dongkrak di
bawah mesin, lindungi bak oli dengan balok kayu.


MEMBONGKAR UNIT TRANSMISI
Komponen komponen transmisi manual.


  • Komponen-komponen transmisi manual Toyota Kijang (1-40)




  • Komponen transmisi manual (Ianjutan)
          Langkah-Iangkah membongkar.

1. Lepaskan garpu pembebas dan hub dengan bantalan pembebas.
2. Lepas roda gigi gerak speedometer dam switch lampu mundur.
3. Lepas rakitan tutup bak transmisi.
4. Lepas rumah kopling dan penahan-bantalan depan.
5. Lepas extension housing.
11. Lepas roda gigi counter. 
a) Lepas roda gigi counter.
b) Lepas dua bantalan rol jarum dan spacer dari roda counter.
c) Lepas dua cincin dorong dari bak transmisi.
 

8. Melepas roda gigi counter

12. Ukur celah dorong setiap roda gigi menggunakan feeler  gauge
ukur celah dorong.
Celah standar : 0,10 10,25 mm (0,0039 — 0,0098 in). 
Celah maksimum : 0,25 (0,01 in). 



9. Mengukur celah dorong setiap roda gigi 

13. Lepas roda gigi Speedometer 
a) Menggunakan tang Snap ring, lepas snap ring. 
b) Lepas roda gigi penggerak speedometer.
c) Menggunakan tuas magnetik, lepas bola pengunci.
d) Menggunakan tang Snap ring, lepas snap ring


10.  Melepas roda gigi penggerak speedometer

14. Lepas penahan bantalan belakang poros output dengan bantalannya, roda gigi-1, dua bantalan rol jarum, luncuran dalam, dan bola pcngunci.
a) Menggunakan tang snap ring, lepas snap ring.


11. Melepas snap ring
b) Menggunakan hidrolik pres, lepas penahan bantalan dengan
bantalannya, bersama-sama roda gigi-1, dan luncuran dalam.
c) Lepas dua bantalan rol-jarum
d) Menggunakan tuas magnetik, lepas bola pengunci.

15. Lepas ring synchromesh, hub sleeve no. 1, dan roda gigi-2,
menggunakan SST dan hidrolik pres, lepas hub sleeve no. 1, ring
synchromesh, dan roda gigi-2. SST 09950 - 00020.


12. Melepas hub sleeve ring synchromesh dan roda gigi-2 

16. _ Lepas hub sleeve no. 2, ring synchromesh, dan roda gigi-3. 1
a) Menggunakan tang snap ring, lepas snap ring.


13. Melepas hub sleeve ring synchromesh dan roda gigi-3
b) Lepas hub sleeve no. 2 bersama-sama ring synchromesh
dan roda gigi-3.

Melepas hub sleeve bersama-sama ring synchromesh dan roda gigi-3

VERTUE




Vertue luxury car leather interior specialist bisa disebut sebagai salah satu pioneer dalam menciptakan model atau bentuk kursi custom terbaru. Beragam model kursi atau jok mobil telah dikerjakannya, baik jenis sedan, MPV, atau SUV. Hampir semua pelanggan setia Vertue merasa puas akan hasil kualitas pekerjaan.
    Meski dibilang pemain baru di bidang interior mobil, usaha yang semula dirintis dari 3 orang yang saling berteman ini pertama kali buka bertempat di Sunter, Jakut namun seiring perputaran waktu dan ekspansi bisnis, pada April 2005, Oscar W (salah satu perintis Vertue) memutuskan untuk membuka satu cabang baru dengan menyewa kios di gedung Graha Auto Center (GAC) Jalan. Boelevard Bukit Gading Raya Lt. II Jakut.
    Dan hingga kini di Vertue GAC, pelanggan tetap Vertue selain datang dari anggota klub mobil seperti Create atau Solid, juga setiap minggu selalu ada konsumen datang disamping pelanggan setianya dari kalangan klub otomotif seperti Create atau Solid juga pemilik mobil per individu. “Sampai sekarang jarang ada konsumen complain terhadap pekerjaan kami, rata-rata mereka puas,” ungkap Oscar di lokasi kios yang berukuran 2,5 x 5 m.
    Segala pekerjaan yang menyangkut kenyamanan dan keindahan ruang penumpang dapat dikerjakan disana. Meliputi, penggantian bahan pembungkus kursi, penggantian atau penambahan busa, doortrim (trim pelapis pintu), dashboard, setir sampai pekerjaan memodifikasi (baca, custom) ruang kabin. Semua jenis dan merek mobil tanpa terkecuali. Proses pembuatan kursi dari nol menghabiskan waktu 3 sampai 4 hari, tetapi untuk ganti bahan kulit satu hari dapat selesai. “Selain dapat garansi dari pabrik pembuat kulit, kami juga memberikan garansi pemasangan selama 1 tahun,” tambah lelaki berbadan subur ini.
    Pilihan bahan yang tersedia menggunakan MB Tech (semi kulit), DLO (kulit), atau Autoleder (kulit). Untuk merek bahan terakhir saat ini sedang diminati di kalangan pelanggan Vertue. Walau terhitung memiliki harga lebih mahal namun konsumen lebih memilih kualitas. “Memang jika dibandingkan dua merek tadi, Autoleder lebih tahan terhadap api rokok, sehingga tidak menyebabkan kursi bolong,” terang pemegang Licensed Certificate of Agreement dari DLO dan Autoleder ini.
    Konsumen yang membuat interior custom di Vertue juga sering mengikuti ajang modifikasi yang berlangsung di tanah air dan tidak sedikit prestasi yang diperoleh diantaranya, runner up King Djarum Black 2007, Best interior Jazz Contest 2006, Best Triming Audio Accelerate Auto Contest 2008

Sarung Jok Anti Air

Sarung jok mobil tahan air – mudah dibersihkan


Bagi orang yang memiliki jiwa estetika yang tinggi maka segala sesuatu yang dimilikinya senantiasa akan terawat dan terlihat indah. Dia berasumsi bahwa keindahan suatu benda termasuk mobil yang dimilikinya ditentukan oleh detailnya. Sekecil apapun detail aksesoris mobil anda jika tertata sangat rapi lengkap, akan terlihat bagaikan rangkaian simbiosis mutualisma yang matching dan sinergis antara satu detail dengan detail lainnya. Sehingga mobil anda akan berpredikat sebuah mobil yang indah secara holistik.
Dalam hal ini, eksistensi sarung jok mobil sebagai salah satu detail aksesoris mobil yang sangat penting, jangan dianggap remeh kehadirannya dalam menentukan keindahan sebuah mobil. Namun demikian kita harus hati-hati dan teliti dalam memilih sarung jok mobil . Soalnya banyak dijual di pasaran sarung jok mobil yang terlihat mewah dan harganya pun mencengangkan, akan tetapi mudah rusak dan berbau karena tidak tahan air. Bagi anda pemilik mobil yang juga memiliki anak kecil yang sering menumpahkan air minum atau ngompol ketika perjalanan dekat atau jauh seperti mudik lebaran. Kehadiran sarung jok mobil yang tahan air adalah suatu keharusan. Oleh karena itu, jika sarung jok mobil anda sekarang ini tidak tahan air alangkah baiknya jika segera diganti dengan sarung jok mobil yang tahan air. Segera anda kunjungi toko aksesoris mobil langganan anda atau bengkel mobil yang menjual jok mobil tahan air.
Anda tak perlu bingung karena banyak pilihan bahan untuk jok mobil anda yang tahan air dan mudah dibersihkan. Anda bisa memilih dari harga yang paling murah seperti dari bahan imitasi atau oscar sampai dengan bahan yang cukup mahal seperti kulit olahan produk Italia. Pilihlah sarung jok mobil baik warna, teksture dan harga yang sesuai dengan budget yang anda miliki.

Vespa Masa Kini

Vespa klasik


     Vespa bisa dibilang merupakan generasi skuter pertama dengan penggerak langsung. Jadi putaran dari mesin langsung ditransfer ke roda belakang melalui gigi reduksi. Vespa mempunyai komunitas fanatik terbesar di Indonesia. Para pemakai motor ini adalah orang yang memang benar–benar fanatik.
Harga motor vespa tergantung dari kondisi dan kelengkapannya, ada yang seharga ratusan ribu saja dan ada juga yang seharga sampai puluhan juta. Hampir tiap kota mempunyai komunitas motor vespa, dan komunitas vespa bisa dibilang komunitas yang paling solid.
Vespa–vespa klasik keluaran diatas tahun 1950 saat ini sudah mulai langka dan hanya orang tertentu saja yang masih mempunyainya. Vespa keluaran tahun tersebut sudah termasuk vespa antik sehingga harganyapun sudah naik berlipat–lipat. Itupun kalau ada, saat ini mencari vespa antik tersebut sudah sangat susah.
Modifikasi pada motor jenis inipun banyak dilakukan oleh para pemiliknya. Ingin modifikasi di mesin atau hanya di tampilan saat ini sudah banyak variasi yang dibuat khusus untuk motor vespa. Mulai dari jok pengendara sampai pada lampu dan lis ban banyak tersedia dipasaran.
Modifikasi vespa pada mesin bisa dilihat pada vespa 4 tak yang sebelumnya bermesin 2 tak. Modifikasi ini tergolong frontal karena merubah sistem kerja mesin, tidak semua bengkel vespamampu mengerjakannya. Semuanya membutuhkan kreasi dan imajinasi dari pemiliknya. Yang jelas modifikasi vespa sangat banyak acuan modifikasinya, tinggal menyesuaikan dengan selera pemiliknya.
Modifikasi balap saat ini juga banyak dilakukan oleh para maniak vespa, bahkan mereka rutin menggelar balapan vespa pada acara resmi sesama komunitas pecinta vespa.
Jika ingin tampilan vespa retro, kita bisa mengaplikasi variasi retro vespa. Seperti pemasangan lis pada ban dan juga pemasangan lampu model kuno sehingga vespa terlihat retro.
Meskipun saat ini banyak motor baru dengan teknologi baru sudah banyak bermunculan, tapi vespa akan tetap abadi karena memang motor ini sudah mempunyai komunitas fanatiknya sendiri.

Senin, 21 Februari 2011

Honda Pamerkan New Crossrunner & CBR250

Foto: New Crossrunner Honda/reuters
JEPANG - Sepeda motor asal Jepang, Honda mengumumkan akan segera memperkenalkan jajaran produk sepeda motor terbarunya, 4-6 Maret, di Nash Carole Motorbike dan Scooter Show 2011, Irlandia.

Serangkaian model terbaru dari Honda termasuk Crossrunner terbaru dan model CBR250R. Adapun Honda Crossrunner yang di desain dengan menggunakan sistem hybrid dapat pula digunakan untuk setiap perjalanan jauh.

Honda Crossrunner yang dapat menampung 21,5 liter bahan bakar ini, menggunakan mesin V4 800cc dilengkapi dengan liquid-cooled yang dapat menghasilkan 102 hp dan 54 lb.ft (73 Nm) torsi, dan tak lupa menambahkan sistem pengereman ABS.

”Kami sangat bergembira, karena dapat meluncurkan sepeda motor terbaru di Carole Nash Irlandia Motorbike dan Scooter Show, Irlandia, khususnya Crossrunner yang paling menghasilkan lebih." Ujar, Marketing Manager, Honda Distributor, Eva O'Toole seperti dikutip Autoevolution, Sabtu (19/2/2011).

Sedangkan untuk model sportbike CBR250 entry-level terbaru, CBR250 menggunakan mesin 249cc silinder tunggal dan dilengkapi dengan liquid-cooled, tak luput Honda  menambahkan system pengereman ABS pada CBR250.

“Sebenarnya CBR250R secara khusus ditujukan untuk para pengendara baru, walaupun demikian CBR250R memiliki teknologi dengan fitur yang tinggi, sehingga menawarkan performa yang hebat, serta dikemas dengan ringan dan terjangkau." Jelas O'Toole. (fmh)

Ganti Knalpot Yamaha V-Ixion Harus Setting CO

yamaha vixion Buat pemilik Yamaha V-ixion, mungkin Anda sudah ganti knalpot. Selain tampilan beda, juga ada perubahan pada tenaga. Nah, ubahan bentuk saluran buang memengaruhi masukan udara dan bensin yang disuplai ke ruang bakar.

Untuk mengaturnya, hanya bisa melalui settingan CO (karbon monoksida) melalui ECU (electronic control unit) dengan bantuan alat FI diagnostic tool. Alat ini dimiliki bengkel resmi.
Dari pabrik, CO disetel di angka nol (0). Karena ada perubahan bentuk knalpot, maka adjuster gas bakar dalam range -30 sampai +30. "Bila angka dinaikkan atau (+) bertambah dari nol, bensin lebih kaya. Sebaliknya, jika diturunkan (-), bensin lebih sedikit," jelas Athanasius Ketut Hargunanto, mekanik Yamaha Gunung Sangyang, Krobokan Bali.
Sekadar info saja, lanjut Ketut, tiap kenaikan satu angka ada penambahan suplai bensin sebesar 0,05 cc. Ganti knalpot racing, biasanya di adjuster-nya mengarah ke setting-an CO lebih turun (-).

Namun, dia mengatakan, itu bukan patokan pasti. Sebab, untuk dapat tenaga bawah sampai atas rata dan maksimal, motor harus dicoba jalan. Maksudnya, jika tiap perpindahan gigi, kenaikan putaran mesin lamban, hal itu bisa di-adjuster ulang sampai pas.

modifikasi yamaha 
vixion "Bisa naik bisa turun. Semua kembali ke soal ubahan knalpot terhadap kebutuhan air fuel ratio (AFR) gas bakar yang dipasok," ujar pria kelahiran Lampung, Sumsel, ini.
Adapun untuk lakukan setting CO, secara teknis alat ini dicolok ke salah satu kabel ECU. Secara otomatis, FI diagnostic tool akan memberi informasi, baik kondisi injeksi maupun komponen penunjang.